Kenapa remaja jerawatan?

Kenapa remaja jerawatan? - Pertanyaan itu sering timbul dikalangan remaja, yang biasanya lebih renan terkena jerawat, namun kenapa bisa begitu, kenapa remaja lebih rentan terkena jerawat? apakah ini fakta atau mitos belaka, ayuk bersama kita ulas.

Kenapa remaja jerawatan?
Kenapa remaja jerawatan?

Hingga kini jerawat masih menjadi permasalahan yang meresahkan bagi sebagian orang, baik laki-laki maupun perempuan. Mengapa jerawat mulai muncul saat remaja?


"Faktor utama jerawat adalah hormon androgen. Hormon ini muncul pada masa pubertas, yang dialami baru pada saat seseorang memulai masa remaja, yaitu di usia 14 tahun," 

Sekitar 85 persen remaja pernah mengalami masalah jerawat, baik jerawat yang biasa saja, maupun jerawat yang kondisinya sangat parah. Bagaimana proses yang terjadi di dalam tubuh hingga remaja jadi rentan jerawat?

"Secara alami, saat pubertas hormon androgen meningkat di dalam tubuh. Hormon ini memicu kelenjar sebum untuk mengeluarkan minyak, akibatnya kulit akan menjadi lebih berminyak. Efek yang ditimbulkan adalah sel-sel kulit dan folikel rambut menjadi tersumbat. Jika saat itu kondisi kulit sedang kotor, maka akan menjadi jerawat,"  

Masa remaja merupakan saat di mana anak laki-laki dan perempuan mulai mencari jati diri dan memiliki segudang aktivitas seperti sekolah, ekstrakurikuler, bimbingan belajar, dan hobi. Maka remaja pasti lebih aktif berada di luar ruangan yang penuh debu dan kotoran.

Apalagi kalau remaja ini tangannya kotor lalu suka memegang-megang wajah. Debu, bakteri, dan kotoran yang ada di tangannya akan berpindah, lalu menempel di kulit wajah,

Untuk pengobatan pada prinsipnya secara medis sama saja antara laki-laki dan perempuan. Hanya yang membedakan biasanya kalau laki-laki lebih cenderung suka dengan pengobatan praktis. Jadi tidak terlalu repot.

Biasanya untuk mengobati jerawat bisa dilakukan dengan perawatan kulit di rumah menggunakan pembersih wajah, astringen dan pelembab sunblock, namun tetap sesuai kebutuhan.

Oke begitulah ulasannya semoga bermanfaat ya. 

0 komentar

Post a Comment